Mengatur Bandwidth untuk Memaksimalkan Performa Jaringan

Mengatur bandwidth jaringan secara efisien adalah hal utama yang di pedulikan oleh banyak enginer jaringan hari ini. Dengan bertambahnya permintaan akan bandwidth, profesional jaringan secara konstan mencari sumber-sumber bagaimana mengoptimalkan resource yang ada, untuk meyakinkan ketersediaan bandwidth dan menghasilkan performa yang tinggi.

Mengatur besaran Bandwith Jaringan Komputer Dgn Bandwith Comtroller

Namun lalulintas jaringan menjadi tak terkendali dengan adanya personal Instant Messenger atau Skype, sekarang dengan video streaming dan berimbas langsung pada bandwidth, serta oversubscribe dari link WAN dapat menjadi wabah organisasi dan berakibat buruk bagi akses jaringan. Dengan budget yang terbatas dan tekanan untuk mengurangi biaya IT, menyelesaikan problem ini dengan membeli lebih banyak bandwidth sering bukan sebagai prioritas dari sebuah option. Bagaimanapun, pengukuran dapat di ambil secara efektif mengatur jaringan yang ada sampai peningkatan dan kemudian merawat performa secara optimal.

Untuk meyakinkan performa jaringan, seorang network engineer harus terlibat penuh dalam semua aktifitas yang terjadi dalam jaringannya, khususnya dengan user atau aplikasi yang terkait dengannya, dan bagaimana ianya berimbas kepada bandwidth dan ketersediaan jaringan. Dengan kegiatan ini, network profesional dapat menganalisa utilisasi, kontrol maintain dan bertemu dengan kualitas level layanan.

Beberapa sebab umum akibat negatif bandwidth dalam lingkungan enterprise adalah dengan adanya monopoli  bandwidth. Secara komprehensif,  analisa jaringan dapat mengidentifikasi banyak darinya, termasuk :
  1. Aplikasi Peer-to-peer (P2P), (sebagai contoh Gnutella dan eDonkey)
  2. Kesalahan konfigurasi koneksi antara server dan klien
  3. Skype atau Software personal IM
  4. Remote Bagkup atau download-download
  5. Video Streaming yang berterusan
  6. Kesalahan konfigurasi alat infrastruktur (seperti router dan switch MTUs, setting port duplex pada switch dll)
  7. Email dengan data atau dokumen  dengan atachment file besar
  8. Protokol-protokol yang tidak di inginkan/ tidak perlu
  9. Akses ke surat berita/ website dengan animasi atau grafis yang tinggi
Identifikasi dari aktifitas-aktifitas ini adalah yang utama dan langkah paling penting untuk menyelesaikan permasalahan bandwidth ini, sebab umumnya sekali di identifikasi, langkah untuk meyelesaikannya bisa dilakukan secara langsung.

Bandwidth Controller dapat melakukan pembatasan atau membagi kecepatan trafik didalam jaringan . Bahkan software ini dapat membatasi kecepatan maksimum bagi computer lain yg dianggap terlalu banyak mengunakan data trafik. Bandwidth Controller juga memiliki beberapa fitur sangat baik sehubungan dengan kebutuhan traffic didalam sebuah jaringan network.

Dibawah ini beberapa kemampuan dari Bandwidth Controller :

* Membatasi beberapa computer atau group dengan limit atau batas tertentu mengunakan trafik data ke server.
* Membatasi atau membagi kecepatan trafik data seperti pembagian maksimum atau minimum dari pemakaian bandwidth
* Penguncian dengan batas tertentu, misalnya seorang karyawan terlalu banyak access internet maka dapat dibatasi setelah kapasitas tertentu akan diturunkan kecepatannya.
* Pengaturan dalam waktu, misalnya setelah jam 9 pagi dimana pemakai internet didalam kantor mulai aktif, maka software dapat membatasi kecepatan maksimum utk mendownload diseluruh computer.
* Memberikan prioritas dari sebuah protokol seperti memberikan prioritas access pemakai protokol VOIP.
* Dan fitur terbaik ialah dapat menampilkan daftar computer yg mana yg terlalu banyak mengunakan bandwidth, sehingga dapat seorang Admin dapat terus memantau kegiatan / aktifitas computer lain didalam jaringan LAN.
* Bahkan Bandwidth Controller menampilkan kemanakah sebuah computer sedang mengaccess data dengan menampilkan koneksi dari nomor IP server didalam daftar list bandwidth Controller.

Kemampuan software ini:

* Mengatur download dan upload computer lain untuk data trafik.
* Prioritas bagi computer atau beberapa computer untuk mengaccess data pada jaringan network maupun internet.
* Memblock atau memfilter packet baik keluar dan masuk pada sebuah computer atau group didalam LAN baik mengkontrol dari lapis network 3 dan 7.
* Pengaktifkan batas dan prioritas bagi computer lain termasuk pengaktifkan dengan waktu tertentu.

dapatkan software nya di Bandwidth Controller

Tidak ada komentar:

Share this Post